Skip to main content

Perbedaan Beras Jepang Dan Beras Indonesia


Bagi anda yang pernah bertanya – tanya apakah ada perbedaan antara beras Jepang dan beras di Indonesia, maka jawabannya pasti ada perbedaan diantara keduanya. Tentu saja ada faktor – faktor yang membuat perbedaan antara beras Jepang dan beras Indonesia. Berikut akan kami jabarkan perbedaan antara beras Jepang dan beras Indonesia.

Penyebab Perbedaan Pada Beras Jepang Dan Indonesia

Pernahkah anda memperhatikan reality show yang ditayangkan tv Jepang ? pasti ketika adegan makan anda dapat memperhatikan bahwa makanan khas Jepang seperti sushi memiliki bentuk yang rapi dan tidak berantakan ketika di sumpit. Bukan hanya karena orang Jepang yang telah terlatih memakai sumpit tapi juga karena faktor beras Jepang yang memiliki kandungan gluten yang tidak sebanyak beras Indonesia.

Di Indonesia dikenal banyak jenis beras di tiap – tiap daerah seperti pandan wangi, mentik susu, batang lembang, IR 42, Setra Ramos, rojo lele dan lain sebagainya. Berbeda dengan di Jepang yang biasanya hanya memiliki 2 jenis yaitu koshihikari dan hinohikari.

Beras jepang memiliki bentuk yang lebih pipih dan pendek, berbeda dengan beras Indonesia yang memiliki bentuk lonjong. Hal tersebut sangat mempengaruhi makanan khas Jepang seperti sushi. Beras Jepang yang dibuat untuk sushi akan memiliki karakter lebih pulen dan lengket sehigga lebih mudah untuk membuat makanan sepeti sushi dan onigiri yang merupakan makanan umum Jepang. Berbeda dengan di Indonesia yang kebanyak pasti menyukai nasi goreng yang berasnya tidak boleh lengket.

Air yang mengandung mineral berbeda antara Jepang dan Indonesia jua merupakan faktor yang menyebabkan perbedaan. Meskipun kita memasak beras Jepang dengan air di Indonesia, kemungkinan hasilnya juga tidak akan sama persis seperti nasi yang ada di Jepang. Malah ada resiko akan menjadi lebih lengket dan menjadi bubur jika salah takaran sedikit saja.

Beras Indonesia juga memiliki keragaman rasa dan aroma beras yang dihasilkan di tiap daerah karena jenis berasnya yang beragam. Berberda dengan beras Jepang yang memiliki variasi aroma lebih sedikit dibandingkan dengan beras Indonesia.

Dalam hal kandungan amilum, beras Jepang juga memiliki kadar amilum yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan beras Indonesia dengan ciri beras Jepang yang tidak selengket beras Indonesia.

Manfaat dan Khasiat Beras Jepang

Selain dalam segi konsumsi, beras Jepang berbeda dengan beras Indonesia. Beras Jepang juga memili ki manfaat bagi kecantikan. Berikut adalah manfaat beras Jepang bagi kecantikan:

1. Melembutkan Kulit
apa perbedaan beras indonesia dan jepang?

Beras Jepang memiliki kandungan squalane oil yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beras Indonesia. Squalane oil tersebut memiliki vitamin E dan sejumlah antioksidan yang dapat memberikan kelembaban pada kulit.

2. Menghilangkan bintik hitam dan bekas jerawat

apa perbedaan beras indonesia dan jepang?

Karena beras Jepang memiliki vitamin E dan sejumlah mineral, maka beras Jepang mampu menghambat pigmentasi yang berlebih akibat jerawat

3. Mencerahkan kulit

apa perbedaan beras indonesia dan jepang?

Beras Jepang memiliki kandungan vitamin C dan B3 yang dapat membuat kulit lebh cerah dan halus seperti wanita Jepang.

4. Meremajakan Kulit

apa perbedaan beras indonesia dan jepang?

Kandungan retinol dalam beras Jepang dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Retinol tersebut terdiri dari vitamin A yang dapat digunakan untuk memutihkan wajah dan menjadi antioksidan untuk mengurangi tanda penuaan.

Apakah anda mulai tertarik dengan produk beras Jepang ? apabila anda inigin mengkonsumsi dan menggunakan beras Jepang, pastikan anda juga mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan olahraga teratur bagi kesehatan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar