< !-- --> Skip to main content
×

10 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

ITkawai.com - Jamur adalah jenis tumbuhan yang beracun dan tidak beracun, jenis jamur yang tidak beracun dapat di konsumsi oleh manusia atau makhluk hidup lain nya. Jamur yg tidak beracun memiliki beberapa manfaat bagi manusia jika di konsumsi secara rutin, dan jenis jamur ini biasanya di ternak oleh para peternak sayuran.  Dari jenis yang tidak beracunn biasanya di sebut dengan jamur enoki, jamur tiram, jamur kuping, jamur kancing, jamur merang. Jamur berikut adalah jamur yang memiliki rasa yang enak dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu :


  • Serat
  • Tembaga
  • Karbohidrat
  • Beta glucan
  • Seng
  • Vitamin D
  • Vitamin B
  • Kalium
  • Natrium
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Fosfor


Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Tubuh


  1. Menjaga Fungsi Organ Tubuh
  2. Menangkal Radikal Bebas
  3. Menurunkan Kolesterol
  4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
  6. Meminimalisir Risiko Penyakit Kanker
  7. Menjaga Kesehatan Tulang
  8. Mencegah Hipertensi
  9. Memperlancar Produksi dan Sirkulasi Darah
  10. Memperbaiki Mutasi Sel DNA


Berkut adalah daftar manfaat jamur bagi kesehatan, mari  kita bahas satu per satu.

1. Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Organ tubuh kita harus dijaga dengan baik, karena bila tidak jaga akan menyebabkan kompilasi pada organ tubuh kita. Jamur adalah salah satu jenis yang dapat di konsumsi. Maka dari itu dengan mengkonsumi jamur, kita dapat berbagai manfaat, seperti Vitamin B, dan lebih tepatnya adalah Vitamin B3 (niacin).

Jamur ini mengandung nutrisi yang dapat membantu menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik. Konsumsilah jamur semata mata hanya untuk menjaga kesehatan tubuh dan fungsi organ anda.

2. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas dapat memicu kerusakan organ tubuh yang menyerang sel sel dalam tubuh kita yang akan mengakibatkan koplikasi di dalam tubuh kita. Untuk memerangi radikal bebas ini kita memerlukan antioksidan. Antioksidan mampu mencegah oksidasi dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel, atau mencegah terjadi nya plak pada arteri jantung.

Bila anda mengkonsumsi jamur anda akan mendapakan antioksidan yang di hasilkan dari Vitamin C dan ergothioneine. Konsumsilah jamur secara rutin agar tubuh anda terjaga dan sehat selalu.

3. Menurunkan Kolestrol

Selain menangkal dari radikal bebas, jamur juga dapat menurunkan kadar lemak jahat (LDL) atau kolestrol ‘jahat’. Karena pada jamur mengandung beta-glucan yang justru membantu memberikan kadar lemak baik (HDL) kolestrol ‘baik’ yang dibuthkan oleh tubuh kita.
Bila anda mengkonsumsi jamur anda akan mencegah kolestrol ‘jahat’.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat dibutuhkan oleh semua manusia, agar tidak mudah terkena penyakit. Jamur adalah salah satu jenis yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh manusia, karena jamur mengandung beta-glucan yang menghasilkan autoimun. Untuk meningkatkan autoimun ini anda dapat mengkonsumsi jamur secara teratur dan jangan berlebihan.

Jamur yang mengandung beta-gucan adalah jenis jamur yang sering kita temui di pasar, seperti jamur ragi, dan jamur gandum.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jamur dapat dimasak berbagai macam variasi, ada yang di tumis, dijadikan krispy dan varian lainnya. Jamur bisa menjaga system pencernaan kita, karena jamur mengandung serat yang dapat mengatasi ‘sembelit’.  Anda juga dapat mengkonsumsi jamur secara rutin dan dapat dimasukan kedalam menu makanan anda sehari hari agar anda terhindar dari permasalahan mengenai system pencernaan.

6. Meminimalisir Penyakit Kanker

Selain bayam yang dapat meminimalisir dari resko penyakit kanker, jamur juga dapat meminimalisir resiko dari penyakit kanker. Dengan beta-glucan yang dihasilkan dari jamur yang kita konsumsi dapat mencegah dan mengatasi kanker. Walopun beta-gulcan dapat meminalisir penyakit kanker , beta-glucan  tidak dapat mematikan sel-sel kanker.

Namun lebih tepatnya untuk meningkatkan system kekebalan tubuh yang dapat mencegah sel kanker yang berkembang.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dari Vitamin B, Jamur juga mengandung beberapa Vitamin lainnya adalah Vitamin D. Vitamin D pada salahsatunya adalah untuk menjaga kesehatn tulang. Dengan mengkonsumsi jamur khususnya pada anak-anak  yang dalam masa pertumbuhan begitu lansia yang rentan tehadap penyakit tulang.
Selain menjaga kesehtan tulang, vitamin D pada jamur juga dapat menyalurkan mineral dengan baik hingga anti-depresan alami.

8. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau yang dikenal dan sebut banyak orang darah tinggi adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kadar kolestrol yang ‘jahat’. Jamur dapat mencegah terjadinya darah tinggi atau hipertensi, karena jamur mengandung kalium, vitamin C dan juga serat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah dengan efektif dan memastikan kadar kolestrol tetap terjaga.
Anda dapat mengkonsumsi jamur secara teratur agar kolestrol anda tetap terjaga.

9. Memperlancar Produksi dan Sirkulasi Darah

Tahukah anda kenapa jamur dapat memperlancar produksi dan sirkulasi darah?Yup, hal itu dikarenakan kandungan mineral tembaga didalamnya.  Jika peredaran darah didalam tubuh lancer tentu saja sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja organ-organ tubuh. Selain itu, proddusi mineral tembaga ini juga sangat bermanfaat dalam meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi memperkuat jaringan ikat dan dapat menjaga fungsi saraf dalam tubuh.

10. Memperbaiki Mutasi Sel DNA

Kandungan Vitamin D dalam jamur berfungsi dapat mencegah kanker. Hal tersebut dikarenakan jamur dapat memperbaiki sel DNA yang bermutasi. Mutase DNA ini sangat berbahaya karena jika terjadi mutasi DNA dapat memicu tumbuhnya sel kanker. Dengan mengkonsumsi jamur  secara rutin anda dapat mencegah terjadinya mutasi DNA yang menyebabkan sel kanker.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar