< !-- --> Skip to main content
×

15 Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan Tubuh
15 Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan Tubuh


ITKawai.com - Daun bayam adalah daunan yang mengandung banyak vitamin dan mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin yang terkandung dalam daun bayam ini yaitu vitamin A, B , C dan K.

Pada daun bayam mengandung magnesium, asam folat, zat besi, potasium, sodium, dan kalsium. Begitu banyaknya vitamin dan mineral yang terkandung dalam bayam, lalu apa saja manfaat bayam bagi kesehatan tubuh kita?


Manfaat Bayam untuk menjaga kesehatan tubuh


  • Menjaga kesehatan mata
  • Menguatkan otot
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi radang
  • Mencegah aterosklerosis
  • Memberikan manfaat neurologis
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
  • Membantu perkembangan janin
  • Mencegah asma
  • Mencegah anemia
  • Menyehatkan tulang
  • Meningkatkan metabolisme
  • Mencegahan kanker
  • Baik bagi penderita diabetes


Waahhh begitu banyak manfaat nya bagi kesehatan tubuh. Etsss tapi jangan kemana – mana dulu, mari kita bahas satu persatu.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk menjaga kesehatan mata, biasanya orang mengkonsumsi wortel. Ternyata daun bayam dapat menyehatkan mata juga loh, karena daun bayam memiliki kandungan karotenoid yang dapat melindungi kalian terhadap penyakit penglihatan yang di pengaruhi factor usia, misalnya degenerasi macula dan rabun senja. Kandungan karotenoid yaitu terdapat beberapa, seperti lutein, beta-karoten dan zeaxanthin.

2. Menguatkan Otot

Daun bayam ini berguna juga untuk antioksidan ,karena adanya C0-Q10 yang dapat memperkuat otot. C0-Q10 mencegah beberapa penyakit seperti, hyperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, dan jantugn coroner. Yang harus diperhatikan adalah otot jantung yang mengompa darah keseluruh tubuh kita.

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangat penting dijaga karena agar virus, dan bakteri tidak mudah meular ke bagian organ tubuh kita. Daun bayam memiliki kandungan vitamin yang dapat meningkatkan system kekebalan tubuh yakni vitamin A, C ,Float serta magnesium.

4. Mengurangi Radang

Dalam daun bayam terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itu khasiat dari daun bayam ini mampu melawan radikal bebas dalam tubuh yang disebebkan oleh peradangan. Contoh peradangan adalah rematik, rematik disebabkan oleh peradangan yang muncul pada sendi.

5. Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis disebabkan penumpukan plak pada dinding arteri, yang menyebabkan plak adalah kolestrol, lemak dan fibrin ( zat dalam darah ). Daun bayam mengandung lutein, yaitu pigmen yang dapat  mengurangi serangan jantungm dan stroke. Dengan bantuan protein dalam daun bayam ini dapat mengurangi kolestrol , timbunan lemak lainnya di pembuluh darah.

6. Memberikan manfaat neurologis

Neurologis adalah ilmu kedokteran dimana ilmu tersebut untuk menangani kelainan pada system saraf. Dengan tinggi nya kandungan anti-oksidan seperti potassium, folat, dan berbagai macam jenis antioksidan pada daun bayam dapat memberikan manfaat neurologis apabila orang itu mengkonsumsi daun bayam secara teratur.

Folat membantu mengurangi Alzheimer. Bayam baik di konsumsi agar minimal resiko penurunan gangguan saraf pada otak atau kognitif.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Ini sangat penting bagi kita semua terutama wanita, tau nggk sihh ???mengkonsumsi bayam dapat menjaga dan membantu kulit agar tetap sehat. dengan kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang ada di sekitar kita.

8. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, dengan mengkonsumsi daun bayam dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, serat dan mineral pada bayam membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah. Maka dari itu konsumsilah daun bayam bagi orang yang mengalami darah tinggi, hipertensi. 

9. Membantu Perkembangan Janin

Bagi para ibu hamil, kesehatan tubuh harus di jaga begitupun janin yang sedang ada dalam kandungan. Ternyata bayam dapat membantu perkembangan janin yang sedang tumbuh, salah satunya untuk pengembangan system saraf barunya, yang di bantu oleh folat yang terkandung dalam bayam.

Jika pertumbuhan janin tidak di jaga, makan akan timbul hal yang tidak di inginkan seperti celah bibir (sumbing) atau spina bifida (terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang) itu terjadi karena kekurangan folat.

Pada bayam terkadung Vitamin A yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena vitamin A diperlukan untuk pengembangan paru-paru janin, dan disarankan juga kepada ibu menyusui.

10. Mencegah Asma

Asma adalah salah satu penyakit dalam waktu Panjang pada saulran pernafasan yang terjadi karena timbulnya peradangan , dan penyempitan saluran pernafasan. Dengan mengkonsumsi daun bayam dapat mengurangi resiko asma karena pada daun bayam terkandung beta karotennya.

11. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi seldarah merah lebih rendah dari keadaan normal. Selain itu anemia dapat disebabkan karena kekurangan hemoglobin pada sel-sel darah merah. Dengan mengkonsumsi daun bayam dapat mencegah terjadinya anemia karena pada daun bayam terdapat salah satu sumber asupan zat besi

Untuk itu ada dapat mengkonsumsi vitamin C yang berguna untuk membantu oenyerapan zat besi. Karena daun bayam mengandung oksalat yang menyebabkan penghambatan penyerapan zat besi bila di konsumsi.

12. Menyehatkan Tulang

Ada beberapa Vitamin yang dibutuhkan tulang agar tulang menjadi sehat dan kuat serta tidak cepat terjadinya osteoporosis salah satunya vitamin K. Agar hal itu tidak terjadi kita dapat mengkonsumsi daun bayam karena pada daun bayam terkandung vitamin K yang membantu penyerapan kalsium oleh tulang. Sehingga tulang menjadi kuat.

Mengkonsumsi bayam itu penting karena bayam berfungsi untuk pengubhan proten matriks tulang, dan dapat mengurangi kalsium yang keluar melalui urin.

13. Meningkatkan Metabolisme

Kenapa di rumah sakit selalu ada bayam ketika sarapan pagi ???

Karena dokter menyarankan makan bayam,karena jumlah protein yang ada pada daun bayam sangat baik. Ketika bayam di konsumsi dan protein diserap oleh tubuh protein ini mudah di pecah oleh enzim sehingga menjadi asam amino yang penting bagi manusia. 

Daun bayam juga dapat meningkatkan system tubuh kita untuk menyembuhkan luka dan memberi dorongan untuk metabolism kita. Agar semua organ tubuh kita berfungsi secara optimal.

14. Mencegah Kanker

Telah terdapat penelitian yang menunjukan bahwa pada daun bayam mengandung klorofil. Dan krolofil ini efektif dalam menghalangi efek dari karsinogenik. Karsinogenik adalah sebutan atau istilah yang memberitahukan sifat dari zat-zat atau definisi bahan yang dapat memicu kanker.

15. Baik Bagi penderita Diabetes

Untuk Anda yang mengalami diabetes, sepertinya anda harus mengkonsumsi daun bayam. Karena daun bayam mengandung antioksidan yang di sebut dengan asam alpha-lipoic, yang sudah dibuktikan dapat menurunkan kadar glukosa, dan meningkatkan sensitivitas insulin yang lebih penting dapat mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stress oleh pasien diabetes.

Bagaimana setelah membaca artikel ini?? Semoga artikel ini bermanfaat.
Semoga kalian semua suka mengkonsumsi daun bayam ya.. agar sehat selalu. jangan lupa share artikel ini ke keluarga dan kerabat yang di cintai.. semoga artikel ini bermanfaat.



Lihat Juga :


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar