Skip to main content

9 Keajaiban Jahe Bagi Kesehatan Tubuh


9 Keajaiban Jahe Bagi Kesehatan Tubuh
9 Keajaiban Jahe Bagi Kesehatan Tubuh | Source Pixabay.com
ITKawai.com - Selama ini Jahe dikenal sebagai rempah untuk tambahan bumbu dapur ataupun juga sebagai olahan minuman untuk menghangatkan tubuh. Namun tahukah anda bahwa terdapat manfaat-manfaat lain dari tumbuhan yang satu ini.

1. Mencegah Kanker

Gingerol merupakan salah satu zat yang terkandung dalam jahe yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar serta gingerol juga dapat mencegah pembentukan tumor, menghambat penyebaran tumor, mengurangi keparahan tumor yang diderita pasien. Hal tersebut bedasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh University of Minnoseta.

2. Menurunkan Berat Badan

Nah bagi kamu yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, tidak perlu repot-repot mengkonsumsi obat-obat pelangsing yang belum tau akan dampaknya bagi kesehatan, jahe bisa menjadi salah satu alternatif untuk menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi air jahe panas dapat menekan nafsu makan dan membuat anda kenyang lebih lama, hal ini dikarenakan dengan meminum jahe panas akan meningkatkan laju metabolisme  dan membakar kalori lebih banyak.

3. Membantu Menghilangkan Rasa Mual

Rasa Jahe yang hangat sudah tidak diragukan lagi dan banyak digunakan sebagai salah satu obat herbal untuk menghilangkan mual baik karena mabuk kendaraan maupun bagi ibu hamil untuk meredakan morning sickness. Selain dari itu, jahe juga dapat digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan mual bagi penderita kanker pasca kemoterapi ataupun pasca operasi.

9 Keajaiban Jahe Bagi Kesehatan Tubuh | Source Pixabay.com

4. Anti -Inflamatori

Jahe dapat digunakan sebagai anti-inflamatori atau peradangan. Hal tersebut biasanya menyerang persendian , maka tidak heran dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dapat mengurangi rasa sakit reumatik serta pembengkakan pada bagian tubuh yang dirasa sakit.

5. Menurunkan kadar kolestrol

Manfaat jahe yang lain adalah dapat menurunkan kadar kolestrol , mengurangi penumpukan lemak pada pembuluh arteri yang sangat berbahaya, menurunkan tekanan darah sehingga anda dapat terhindar dari penyakit jantung.

6. Detoksifikasi

Setelah mengkonsumsi jahe biasanya anda akan mengeluarkan keringat. Hal tersebut dikarenakan jahe tergolong  kedalam salah satu tanaman diaphoresis, yaitu yang dapat memicu keluarnya keringat. Berkeringat merupakan salah satu upaya untuk detoksifikasi tubuh. Ketika flu ataupun demam anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi jahe untuk membantu proses penyembuhan.

7. Melancarkan pencernaan

Zat phenolic  merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada perdarahan saluran cerna atau yang dikenal dengan gastrointestinal serta dapat mencegah kontraksi perut. Selain dariitu jahe juga dapat bermanfaat dalam mengeluarkan gas yang menumpuk  dan berbahaya pada system pencernaan.

8. Meningkatkan Vitalitas bagi Pria

Zat yang terkandung pada jahe juga dapat meningkatkan kesuburan pria, hal ini karena jahe merupakan antioksidan yang dapat meningkatkan hormone testoteron dan meningkatkan fungsi testis.

9. Pain killer

Manfaat lain dari tumbuhan ajaib ini adalah sebagai pain killer. Jahe selain dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada radang persendian, sakit otot setelah berolahraga juga dapat  mengurangi  sakit saat mensturasi pada wanita.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar