Skip to main content

Tarif Parkir Stasiun Tugu Yogyakarta Yang Selangit

Tarif Parkir Stasiun Tugu Yogyakarta Yang Selangit
Ilustrasi tiket parkir staisun tugu source : www.suara.com

Yogyakarta kota cantic,bersih dan penuh sejarah yang selalu membuat hati tertarik dan membuat para wisatawan tak akan pernah bosan untuk mengunjunginya. Terlepas dari cantiknya dan penuh sejarahnya Yogyakarta disini saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman saya ketika mengunjungi Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. 

Bagi temen-temen yang berkunjung ke Yogyakarta dengan menggunakan Kereta Api dan berhenti di stasiun tugu diharapkan berhati-hati dan jangan kaget ketika mendapati tariff parkir disana sangat mahal sekali diluar perkiraan.

Pada bulan Oktober 2017 yang lalu saya dan rombongan dari kampus kami berangkat ke Yogyakarta dengan menggunakan armada Kereta Api. Perjalanan kami dari Bandung habis magrib dan sampai di stasiun Tugu sekitar jam 3 subuh. Di Tugu kami akan dijemput dengan bis, setelah sampai Tugu, kami bergegas menuju parkiran utara dimana supir bis menunggu kami.

Setelah sampai bis kondektur memberikan kwitansi parkir yang ditulis tangan manual dan nominalnya sangat mengejutkan Rp.75.000,- (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah). Sebelumnya saya sempat menyangka ini hanya akal-akalan kondektur saja untuk dapat uang lebih (mohon maaf pa kondektur) karena kwitansinya merupakan kwitansi biasa yang bias dibeli di stationary dan tulisannyapun tulisan tangan.

Namun setelah diselidiki lebih mendalam ternyata itu memang benar dan saya melihat langsung kondektur memberikan uangnya sejumlah yang diminta kepada pengelola parkir yang tak berseragam.

Bapak supir cerita padahal bis yang kami tumpangi belum ada setengah jam parkir disitu, sebenarnya tadinya mereka minta Rp. 100.000,-(seratus ribu ) tadinya tapi saya tawar karena belum ada satu jam dan bis yang kita tumpangi adalah bis kecil.

Menurut penuturan teman saya yang mengelola tours and travel di yogya tarif parkir di stasiun tugu memang mahal bahkan kalo big bus bias sampai Rp.150.000,- , mobil pribadi saja bias Rp. 50.000,- per parkir. 

Rata-rata karena tidak mau cekcok berkepanjangan dengan pengelola parkir yang tidak jelas dan maksa maka dikasih saja uang parkir yang diminta walaupun nominalnya sangat mahal sekali dan tidak jelas aturan lamanya parkir dan tidak sesuai dengan jenis kendaraan.

Menurut pendapat saya pribadi, hal ini seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta Sendiri, bukankah seharusnya ada aturan parkir yang jelas, apalagi stasiun merupakan fasilitas umum.

Hal tersebut tentu saja dapat merusak citra Yogyakarta sendiri yang selama ini dikenal sebagai kota yang penduduknya ramah,penuh sopan santun dan taat aturan. Disisi lain lagi, Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata utama di Indonesia, dimana banyak sekali wisatawan dalam dan luarnegeri yang mengunjungi Yogyakarta melalui stasiun Tugu,jangan sampai kenyamanan berwisata terganggu gara-gara oknum-oknum yang ingin meraup keuntungan sendiri.

Juru Parkir wajib:
 
a. menggunakan pakaian seragam, tanda pengenal serta perlengkapan lainnya yang ditetapkan oleh Walikota atau Pejabat yang ditunjuk;

b. menjaga keamanan dan ketertiban tempat parkir, serta bertanggung jawab atas keamanan kendaraan beserta perlengkapannya;

c. menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan lingkungan parkir;

d. menyerahkan karcis parkir sebagai tanda bukti untuk setiap kali parkir pada saat memasuki lokasi parkir dan memungut retribusi sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

e. menggunakan karcis parkir resmi yang diterbitkan Pemerintah Kota Yogyakarta yang disediakan untuk satu kali parkir dan tidak boleh digunakan lebih dari satu kali;

f. menyetorkan hasil retribusi sesuai ketentuan yang berlaku;

g. menata dengan tertib kendaraan yang diparkir, baik pada waktu datang maupun pergi, dan tidak lebih dari satu baris;



Dilihat dari kenyaan yang terjadi dilapangan sudah bias dilihat bahwa tidak satupun peraturan parkir di stasiun tugu yang sesuai dengan perda kota Yogyakarta diatas,dimana juru parkir tidak berseragam dan tidak menggunakan tanda pengenal, karcis sebagai tanda buktipun bukalah karcis yang dikeluarkan pemerintah daerah secara resmi.

Saya berharap untuk kedepannya pemerintah kota Yogyakarta segera menindak tegas oknum-oknum tersebut dan segera memberlakukan tarif resmi parkir kendaraan khususnya di Stasiun Tugu. Sehingga masyarakat setempat dan para wisatawan tambah nyaman ketika berwisata ke kota Yogyakarta yang selalu menyisakan berjuta kenangan indah.
 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar